Jumat, 10 Desember 2010

Sejarah KEMAPI FIKP UNHAS

Dengan cinta dan sedikit keras kepala, sejarah ditorehkan pada tanggal 20 oktober 1986 tatkala deklarasi Himpunan Mahasiswa Perikanan (HIMARIN) digelar di kampus Unhas Baraya sebab bagi mereka kesadaran dan pluuralitas pemahaman harus dikejawantahkan dalam tindakan bersama dan terorganisasi dan yang menjadi nahkoda Pertama pada periode 1986-1987 adalah "Kanda Ir. A Tamsil, MS.

Meskipun baru berdiri namun HIMARIN telah mampu menjadikan serta memperlihatkan eksistensinya sebagai lembaga yang patut diperhitungkan. Ketika berbagai kegiatan Nasional di gelar. Dan puncaknya pada saat tahun 1991 HIMARIN UNHAS mempelopori terbentuknya Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) yang dideklarasikan di Makassar.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan dinamika kemahasiswaan dan keilmuan Perikanan dengan sendirinya tiba pada kondisi yang dimana HIMARIN dianggap tak mampu lagi menampung aspirasi dari mahasiswa perikanan yang begitu kompleks, Mulai dari tuntutan profesionalitas keilmuan sampai pada persoalan kelembagaan. Sehingga terjadi desakan serta gugatan yang mencerminkan aspirasi dari bawah agar HIMARIN melakukan pembenahan internal. Maka pada Rapat Luar Biasa Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) yang saat itu ketuanya diojabat oleh Muh. Ibrahim tanggal 15 agustus 1998 diputuskan untuk mengadakan Referendum.

Maka saat itu, Melalui Musyawarah Luar Biasa (MUSLUB) yang pada saat itu Presidium Sidangnya yaitu : Ikhsan, Lukman dan Kamaruddin, terjadilah Pemekaran HIMARIN menjadi tiga Himpunan Mahasiswa Profesi (HMP) setingkat HMJ, yaitu Himpunan Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMA MSP) dengan ketua Pertamanya adalah Kanda Lukman, didirikan pada tanggal 23 agustus 1998. Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan (HIMA BDP) didirikan pada tanggal 23 agustus 1998 dengan Ketua Pertama Kanda Syamsu Alang. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (KM-PSP) didirikan pada tanggal 23 agustus 1998 dengan Nahkoda Pertamanya oleh Kanda Kamaruddin. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan (HIMASEI) didirikan pada tanggal 20 Mei 2000 dengan Ketua Pertama Kanda Firman.

selanjutnya untuk menampung aspirasi mahasiswa Perikanan pada tingkat yang lebih tinggi, atas kerja keras dari Badan Pekerja SEMAWA Perikanan maka terbentuklah Senat Mahasiswa Perikanan. Dalam perjalanannya yang singkat dan penuh dinamika, SEMA Perikanan telah banyak menyumbangkan berbagai pemikiran serta kegiatan yang mewarnai dunia Perikanan. Misalnya dengan memelopori terbentuknya "Forum Mahasiswa Perikanan Makassar dengan SekJen Pertamanya Kanda Ikhwanuddin Zas (Izas) serta Forum Komunitas Mahasiswa Perikanan".

Dalam Undang-Undang KEMAPI yang ditetapkan melalui Sidang Umum MAPERWA, Struktur KEMAPI Meliputi MAPERWA sebagai Lembaga Legislatif Tertinggi, yang berfungsi mengawasi kinerja eksekutif tertinggi dijajaran KEMAPI. Selanjutnya pada tingkat program studi HMP sebagai Lembaga Eksekutif Tertinggi.

Dalam Usaha menampung minat dan bakat mahasiswa Perikanan maka dibentuk lembaga otonom, Seperti Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin (FDC-UH) sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin melakukan aktivitas bawah laut (Selam). Unit Kerohanian Islam (ROHIS) sebagai Wadah dalam melakukan kajian-kajian Keagamaan. FC. Anak Pantai, sebagai wadah bagi mahasiswa pecinta sepak bola. English Meeing club sebagai wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.Eabirint sebagai wadah bagi mahasiswa yang gemar jurnalistik.

setiap sidang umum banyak terjadi dinamika kelembagaan. Bagi lembaga yang tidak melakukan kegiatan selama 6 bulan berturut-turut akan dibekukan di sidang umum. Dan akan dicairkan kembali pada saat sidang umum berikutnya dengan syarat yang sama. untuk membubarkan suatu UKM dapat dilakukan pada sidang umum KEMAPI-UH sesuai permintaan warga KEMAPI.

Pembentukan UKM sebagai usulan warga di agendakan pada sidang umum KEMAPI-UH dan jika disetujui di forum maka akan disahkan di Sidang Umum KEMAPI-UH. Saat ini UKM yang masih eksis di KEMAPI-UH adalah UKM Fc. Anak Pantai yang merupakan wadah penyaluran bakat teman-teman yang mempunyai keterampilan mengolah si kulit bundar "Bola". UKM FDC merupakan wadah penyalur bakat teman-teman yang gemar menyelam dan sebagai modal teman-teman sebagai mahasiswa perikanan. UKM ROHIS adalah wadah penyalur bakat teman-teman yang ingin memperdalam di bidang keagamaan yang bertujuan membentuk mindset/pola pikir dan akhlak teman-teman dalam bergaul dan bertingkah laku dalam kehidupan kesehariannya teman-teman. MAPALA Green Fish Perikanan Unhas yang merupakan wadah bagi mahasiswa yang gemar melakukan perjalanan alam terbuka.

Selain itu masih banyak organisasi eksternal di lingkup KEMAPI sebagai tempatnya teman-teman menyalurkan bakat dan menentukan tujuan hidup teman-teman dalam bermahasiswa.

Green Fish Pertama kali dibentuk di Desa Ram'ma pada Tanggal 12 April 2001 dengan ketua Pertama Kanda IRWAN, S.Pi namun seiring waktu pada tahun 2004 Green Fish mengalami kevakuman sehingga dibekukan yang pada akhirnya disahkan kembali pada sidang umum KEMAPI-UH ke-VII pada tahun 2006 yang di Ketuai oleh Kanda MUNAWIR S.Pi. Pada Keperiodean sekarang (2007-2008) Green Fish di Ketuai Oleh Kanda HERY SUTRAWAN NURDIN S.Pi.



Adapun Nama-nama Pengurus BEM KEMAPI, yaitu :

Periode 1986-1987

Ketua Umum : Dr. Ir. A. Tamsil, MS

Sekretaris Umum : Ir. Islahuddin

Periode 1987-1988

Ketua Umum : Ir. Bachrianto Bachtiar, M.Si

Sekretaris Umum : Ir. H. Alimuddin

Periode 1988-1989

Ketua Umum : Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc

Sekretaris Umum : Ir. Abd. Khalik

Periode 1989-1990

Ketua Umum : Ir. Rimal Hamal

Sekretaris Umum : Ir. Muhyi Ramli

Periode 1990-1991

Ketua Umum : Ir. Rahmadi Tambaru

Sekretaris Umum : Ir. Amy Faisal

Periode 1991-1992

Ketua Umum : Ir. Muhammad Asdar

Sekretaris Umum : Ir. Muhammad Nasrum

Periode 1992-1993

Ketua Umum : Ir. Harifuddin

Sekretaris Umum : Ir. Adam Rahman

Periode 1993-1994

Ketua Umum : Ir. Muhammad Sulaiman

Sekretaris Umum : Ir. Omy Zulkarnanen

Periode 1994-1995

Ketua Umum : Affandi Muhammad, S.Pi

Sekretaris Umum : Dadang Mulyana, S.Pi

Periode 1995-1996


Ketua Umum : Panca Wardana, S.Pi

Sekretaris Umum : Safruddin, S.Pi, M.Pi

Periode 1996-1997

Ketua Umum : Gusman, S.Pi

Sekretaris Umum : Fahrul, S.Pi

Periode 1997-1998

Ketua Umum : Anwar Karim, S.Pi

Sekretaris Umum : Syamsuddin, S.Pi

Periode 1998-1999 (Pertengahan Periode HIMARIN dimekarkan Menjadi SENAT)

Ketua Umum : Pono Sudrajat, S.Pi

Sekretaris Umum : Eka Anto Supeni, S.Pi

Periode 1998-1999 (SEMA KEMAPI)

Ketua Umum : Mastan, S.Pi

Sekretaris Umum : Sutia Budi, S.Pi

Periode 1999-2000 (SEMA KEMAPI)

Ketua Umum : Muhammad Yusuf, S.Pi

Sekretaris Umum : Kamaruddin, S.Pi

Periode 2000-2001 (SEMA KEMAPI)

Ketua Umum : Ardiansyah Rusman, S.Pi

Sekretaris Umum : Muhammad Hasming, S.Pi

Periode 2002-2003 (BEM PERIKANAN)

Presiden : Muhammad Faiz Sulfan, S.Pi

Wakil Presiden : Nasrullah

Periode 2004-2005 (BEM PERIKANAN)

Presiden : Andi Erwin Nurba, S.Pi

Wakil Presiden : Yayan Juherman, S.Pi

Periode 2005-2006 (BEM PERIKANAN)

Presiden : Zainil Bahri

Wakil Presiden : M. Yunus T, S.Pi

Periode 2006-2007 (BEM PERIKANAN)

Presiden : Husain M Dedi Ardi, S.Pi

Wakil Presiden : Sulkarnaen, S.Pi

Periode 2007-2008 (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : M. Gatot Wibowo, S.Pi

Wakil Presiden : A. Muh. Fahrul, S.Pi

Periode 2008-2009 (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : Amar Abdullah, S.Pi

Wakil Presiden : Muliyati, S.Pi

Periode 2009-2010 (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : Taufiq Qurrahman

Wakil Presiden : Ahmad Awaluddin Ali

Periode 2010-2011 (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : Ghamal Nasser Wahab

Wakil Presiden : Ervandi


Periode 2011-2012  (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : Indar Wijaya

Wakil Presiden : Ikra

Periode 2012-sekarang (BEM KEMAPI FIKP UNHAS)

Presiden : Irfan, S
Wakil Presiden : Muh. Ihsan Basam

2 komentar: